Meraih Mimpi

Meraih Mimpi : H-7 Meninggalkan Indonesia

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Gimana kabarnya? Semoga Allah selalu melindungi kalian ya. Alhamdulillah setelah penantian berbulan-bulan, InsyaaAllah minggu depan tanggal 7 Agustus aku akan berangkat menuju negara impian ku. Kalo udah baca tulisan-tulisan sebelumnya pasti sudah tau kemana aku akan pergi. Selama setahun kedepan aku akan tinggal di Bayern, tepatnya di Ahorn.

Kalo adanya yang tanya bagaimana perasaanku, tentu saja aku sangat menantikan perjalanan ini. Tapi sejauh ini aku belum deg-degan sih, tapi malah temenku yang deg-degan. Wkwkwkwkwk. Eh tapi kayaknya deg-degan nya bukan karena aku semua sih. Ada faktor lain. Dia lagi terjangkit virus merah jambu 😁😁. Ada beberapa hal sih yang kupikirkan tentang keberangkatanku nanti. Pertama, semoga bagasiku tidak lebih (bayarnya kan mahal kalo kelebihan 😅). Jadi untuk menghindari hal ini, aku bawa pakaian seminimal mungkin tapi sekiranya cukup. Yang kedua semoga tidak ada masalah dengan imigrasi manapun. Buat yang kenal aku langsung pasti tahu bagaimana caraku berpakaian. Kekhawatiranku bukan tanpa alasan. Kalian tahu sendiri bagaimana islamphobia merajalela, di tambah Bahasa Inggris ku seadanya. Aku bisa berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris tapi aku belum ahli. Aku khawatir tidak bisa menjelaskan dengan baik jika di berikan pertanyaan macam-macam. Semoga perjalanan nanti tidak ada yang terjadi, tidak ada kejadian yang tidak di inginkan. Hal terakhir sebenarnya masih ada hubungannya sama yang kedua. Aku khawatir ketinggalan pesawat karena waktu transit ku hanya 1 jam 45 menit. Aku juga belum tau dimana tempat check in jadi mungkin membutuhkan waktu mencari tempat check in dan menuju gate keberangkatan. Aku harus check in dengan antrian yang tidak sedikit terus gate nya juga lumayan jauh (ini baca dari blog orang sih). Kalo misalnya aku harus ditanyain juga, waduh gimana nasibku. Eh tapi seharusnya hal yang begini tidak perlu di pikirin, ntar malah kejadian beneran. Aku yakin Allah akan menjagaku. Maklum saja ini penerbangan pertamaku keluar negeri, sendirian pula.

Untuk perjalanan ini, aku sudah persiapan sekitar 2 Minggu agar tidak terburu-buru yang pada akhirnya ada saja barang tertinggal. Nah aku akan menjelaskan apa saja yang ku bawa. Aku hanya membawa 1 koper 24 inci untuk pakaian dan 1 koper kecil (gak tau ukurannya) untuk jajanan dan makanan khas Indo.

1. Pakaian
Pakaian yang kubawa tidak banyak, tapi sekiranya cukup untuk sehari-hari dan keluar rumah. Aku membawa 4 kaos untuk di rumah, 2 blus, 3 rok, 5 celana panjang (2 celana untuk dalaman rok/gamis), 4 gamis dan jilbab yang aku lupa jumlahnya. Aku membawa jilbab berwarna netral sehingga bisa digunakan dengan pakaian manapun. Aku juga membawa pakaian renang muslimah yang panjang dan longjohn untuk persiapan musim dingin. Pakaian renang kubeli di Indonesia karena disana sepertinya tidak ada yang menjual pakaian renang muslimah. Aku membeli longjohn juga karena disana, harga pakaian dalam hangat ini mahal. Tapi aku tidak tau sih bisa seberapa hangat, semoga saja bisa menahan dinginnya cuaca saat winter nanti. Untuk pakaian winter lain seperti jaket, dll ku putuskan untuk membeli disana karena harganya lebih murah dan biar tidak memenuhi koperku. Aku juga membawa kaos kaki sekitar 1 lusin agar bisa ganti setiap hari. Kaos kaki ini wajib ku gunakan setiap hari.

2. Dokumen
Ini hal penting lainnya. Aku membawa semua dokumenku mulai dari ijazah TK-Kuliah beserta fotokopiannya, fotokopi kartu keluarga dan akta kelahiran asli dan fotokopi. Aku membawa dokumen ini karena setelah aupair, aku berencana untuk FSJ dan Ausbildung.

3. Sepatu dan sandal
Nah ini aku hanya membawa 1 sepatu yang langsung ku pakai dan 1 sandal jepit.

4. Makanan
Nah ini juga yang bikin koper penuh. Aku membawa 1 koper kecil khusus untuk makanan. Aku membawa berbagai bumbu instan, mie instan rasa khas Indonesia, keripik pisang buatan mamah, sambel terasi sachet 3 pak, bon cabe 3 botol dan makanan lain. Tadinya aku mau membawa SKM titipan teman disana, tapi karena ada larangan membawa produk olahan susu dan daging dengan segala turunannya, aku mengurungkan hal tersebut.

5. Oleh-oleh
Oleh-oleh ini buat GFku. Aku membawa kain tenun khas Sulawesi Tengah dan jam berbentuk pulau Sulawesi, tempat pulpen serta gantungan kunci dengan bentuk yang sama yang terbuat dari kayu hitam. Awalnya aku mau membelikan baju batik tapi karena badan mereka cukup besar dan aku tidak tau ukuran pasti jadi aku tidak membeli baju. Khawatir tidak muat.

6. Obat-obatan
Obat-obatan yang kubawa yaitu tolak angin, obat maag, obat demam, obat nyeri, dan obat batuk-pilek. Katanya sih disana obat tidak dijual bebas dan hanya bisa beli dengan resep jadi aku bawa obat yang biasa ku minum. Aku juga membawa minyak tawon dan minyak kayu putih.

7. Alat elektronik
Aku membawa laptop, kamera, colokan T, dan power bank.

8. Skincare dan makeup
Untuk skincare ini aku membawa yang biasa kupakai beserta cadangannya. Aku tidak tau apakah skincare disana cocok untuk kulitku dan harganya mahal atau murah. Aku hanyak membawa aloevera gel, Nivea petroleum jelly, body lotion yang 100ml, bedak bayi paling kecil, bedak wajah, dan lip cream.

9. Peralatan mandi
Aku membawa 2 handuk kecil, sabun wajah, sabun mandi, sikat gigi, pasta gigi yang paling kecil, dan shampoo. Barang ini ku bawa dalam ukuran kecil untuk awal hidup disana.

10. Lain-lain
Aku membawa Al-Quran, mukenah, sejadah, jarum pentul dan peniti untuk memakai jilbab, benang, jarum dan kancing untuk menjahit jika ada pakaian yang sobek, gunting kuku, barang titipan teman dan alat tulis. Aku membawa buku catatan saat les dan buku jurnal (isinya curhatan 😂).

Untuk menghemat ruangan koper, aku menggunakan vacum bag sehingga banyak barang yang bisa ku masukkan. Semoga perjalanan ini lancar, tanpa kendala serta bisa sampai disana dengan aman dan selamat. Sekian tulisan kali ini, semoga bermanfaat dan bisa jadi gambaran buat teman-teman yang mau keluar negeri dalam jangka waktu cukup lama. Auf Wiedersehen.

Salam dari Dina yang masih di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s