book review

Cinta Allah (Selalu) Bersamamu

…..

Jika kamu bertemu seorang perempuan…

Jika suatu saat kau bertemu dengan seorang wanita,
yang senyumannya meneduhkan bagi siapa saja yang memandang,
yang kata-katanya menenangkan hati siapa saja yang mendengar,
yang hanya dengan sentuhan lembut tangannya,
kau merasa tenang…

Jangan ragu untuk bertanya dengan pertanyaan yang kau ucapkan dengan lembut mengenai sejarah kehidupannya.Belajar dari kisah hidupnya,
resapi bagaimana caranya ia mempercayai Tuhannya.
Sehingga pada akhirnya kau tahu mengapa Allah memberkahinya dengan aura teduh yang tidak di miliki oleh wanita lainnya.
……

Aku tidak benar-benar mengenal wanita ini tapi kehadirannya membuatku belajar banyak hal. Dia wanita yang teduh, tangguh dan sangat lembut. Dia ikut menangis saat ada orang lain menangis, meskipun dia tidak mengenal orang itu. Dia menangis hanya dengan mendengarkan apa yang orang itu ceritakan. Aku hanya mengenalnya melalui media sosial, aku pembaca setia tulisannya sejak beberapa tahun yang lalu. Dia yang pernah mengalami cobaan terberat dalam hidupnya, dan aku yakin tidak ada satupun orang yang menginginkan itu terjadi ketika sudah menikah. Banyak hal yang ingin ku tanyakan. Bagaimana kamu bisa melewati semua cobaan itu dengan baik? Bagaimana bisa kamu tersenyum seperti tidak ada apapun yang terjadi? Mengapa kamu bisa sekuat itu??

Lalu aku pun mendapat jawaban atas pertanyaanku. Dia selalu menyertakan Allah. Dia tidak pernah berhenti percaya pada Allah.

“لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ….””

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya……” (Q.S Al Baqarah 286).

Jawaban ini ku peroleh setelah membaca bukunya. Aku akhirnya tahu bagaimana ia mempercayai Allah, Tuhannya dan juga Tuhanku. Dan itu juga selaras dengan potongan ayat diatas, Allah sudah menjelaskan bahwa setiap manusia tidak akan mendapat ujian diluar kesanggupannya. Setiap rangkaian kata yang di tulisnya menyadarkan ku bahwa Allah selalu di sisiku.

Berbagai kejadian yang datang silih berganti justru karena Allah sayang pada ku. Allah menempaku karena aku punya cita-cita besar. Aku ingin menjadi ibu hebat yang melahirkan generasi terbaik Islam kelak. Aku jadi teringat kata-kata yang di ucapkannya saat itu. Kata dia quotes yang tertulis di halaman depan bukunya adalah hal yang sesuai dengan pemilik buku karena Allah yang memilihnya. Quotes milik ku isinya seperti ini “Tuhanmu ini percaya, bahwa kau mampu melewatinya dengan baik”.

Setiap membaca kata per kata, kalimat per kalimat, halaman per halaman aku berkata pada diriku sendiri “Betapa tidak bersyukur nya aku, Allah begitu sayang padaku, sedang aku mengingat Nya saja tidak setiap waktu”

Kau tahu aku pernah menjadi manusia yang tidak tahu diri. Minta sesuatu sama Allah mendadak dan tidak sabaran. Sedangkan wanita ini dia bertahun-tahun berdoa untuk meminta hal yang sama. Dia tidak pernah berhenti berdoa padahal Allah belum juga mengabulkan permintaannya. Dia malah semakin gencar berdoa. Wanita ini juga dengan tulus mendoakan siapapun yang menitipkan doa padanya.

Sungguh aku ingin bertemu wanita ini sekali lagi, memeluknya dan bilang “Terimakasih telah lahir dan menjadi inspirasi bagi banyak orang. Terimakasih sudah mengajarkanku percaya. Terimakasih sudah mengajarkanku untuk terus menjadi wanita tangguh”. Aku sungguh berdoa agar wanita ini segera Allah izinkan untuk menikah dengan lelaki impiannya.

4 tanggapan untuk “Cinta Allah (Selalu) Bersamamu”

  1. masyaAllah ALLAHU AKBAR, harus senantiasa sabar dalam menghadapi ujian, ingat Allah tidak membebani hambanya di luar batas kemampuan.
    Keren tulisannya masyaAllah
    Doakan Arsy juga pengen menjadi wanita inspirasi banyak orang❤😭

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s